Kamis, 03 Januari 2013

Merumuskan Rencana Pemasaran


Manejer perlu mengembangkanrencana – rencana  tertulis dalam bentuk sasaran, anggaran, dan penentuan tugas. Ini merupakan taktik untuk mewujudkan tujuan tertentu. Jika manejer sudah menetapkan untuk mencapai suatu tingkat penjualan tertentu, baru kemudian dibuat keputusan – keputusan di bidang pemasaran, produksi, keuangan dan personalia. Perusahaan akan memusatkan perhatian kepada beberapa masalah pokok yang digunakan untuk mengembangkan rencana pemasaran. Masalah pokok tersebut adalah :
1)    Target Penjualan
Rencana pemasaran itu dimulai dengan penentuan target penjualan pada setiap bagian yang ada di dalam perusahaan. Target penjualan ditetapkan berdasarkan analisa berbagai macam kemungkinan strategi pemasaran yang menguntungkan. Sehingga perlu diadakan alokasi target penjualan pada daerah penjualan masing – masing salesman dengan memperhatikan penjualan masa lampau serta perkiraan potensinya. Ini disebut dengan kuota penjualan.

2)    Anggaran Pemasaran
Biasanya anggaran pemasaran yang mnyeluruh ini ditetapkan berdasarkan suatu persentase (%) dari target penjualan. Kalau perusahaan ingin meningkatkan market share nya, maka persentase tersebut juga harus ditingkatkan. Perusahaan perlu menganalisa tugas pemasaran yang akan dilaksanakan untuk mencapai suatu tingkat volume penjualan tertentu atau market share tertentu. Baru kemudian menetapkan besarnya biaya yang diperlukan pada masing – masing tugas tersebut.

3)    Alokasi Marketing Mix
Perusahaan harus menetapkan bagaimana cara mengalokasikan anggaran pemasaran untuk suatu produksi ke berbagai alat pemasaran seperti periklanan, promosi penjualan dan personal selling.

4)    Penetapan Harga
Penetapan harga ini merupakan satu elemen yang menghasilkan laba di dalam rencana pemasaran. Faktor – faktor yang mendasari penetapan harga harus dipertimbangkan pada saat permulaan bersama – sama dengan penyusunan strategi pemasaran. Perusahaan harus menetapkan harga dan daftar harga sebelum diberikan potongan serta penghargaan (allowance). Bagian pemasaran perlu mempertimbangkan 3 elemen yang tedapat pada permintaan yakni : tingkat, saat dan sifat. Selain itui harus mempertimbangkan faktor biaya dan persaingan dalam menetapkan harga yang direncanakan.




5)    Alokasi Anggaran Pemasaran pada Produk
Perusahan harus menghitung banyaknya uang yang dialokasikan pada masing – masing produknya. Dalam menetukan produk mana yang memerlukan tambahan anggaran pemasaran, dan produk mana yang perlu dikurangi anggarannya, perusahaan harus mempertimbangkan beberapa faktor, antara lain :
·         Jumlah produk line
·         Banyaknya produk mix
·         Jenis produk yang mempunyai permintaan cukup banyak baik pada saat sekarang maupun saat yang akan datang
·         Jenis prodik yang permintaannya sedikit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar