Manejer perlu
mengembangkanrencana – rencana tertulis
dalam bentuk sasaran, anggaran, dan penentuan tugas. Ini merupakan taktik untuk
mewujudkan tujuan tertentu. Jika manejer sudah menetapkan untuk mencapai suatu
tingkat penjualan tertentu, baru kemudian dibuat keputusan – keputusan di
bidang pemasaran, produksi, keuangan dan personalia. Perusahaan akan memusatkan
perhatian kepada beberapa masalah pokok yang digunakan untuk mengembangkan
rencana pemasaran. Masalah pokok tersebut adalah :
1) Target Penjualan
Rencana
pemasaran itu dimulai dengan penentuan target penjualan pada setiap bagian yang
ada di dalam perusahaan. Target penjualan ditetapkan berdasarkan analisa
berbagai macam kemungkinan strategi pemasaran yang menguntungkan. Sehingga
perlu diadakan alokasi target penjualan pada daerah penjualan masing – masing
salesman dengan memperhatikan penjualan masa lampau serta perkiraan potensinya.
Ini disebut dengan kuota penjualan.
2) Anggaran Pemasaran
Biasanya
anggaran pemasaran yang mnyeluruh ini ditetapkan berdasarkan suatu persentase
(%) dari target penjualan. Kalau perusahaan ingin meningkatkan market share
nya, maka persentase tersebut juga harus ditingkatkan. Perusahaan perlu
menganalisa tugas pemasaran yang akan dilaksanakan untuk mencapai suatu tingkat
volume penjualan tertentu atau market share tertentu. Baru kemudian menetapkan
besarnya biaya yang diperlukan pada masing – masing tugas tersebut.
3) Alokasi Marketing Mix
Perusahaan
harus menetapkan bagaimana cara mengalokasikan anggaran pemasaran untuk suatu
produksi ke berbagai alat pemasaran seperti periklanan, promosi penjualan dan
personal selling.
4) Penetapan Harga
Penetapan
harga ini merupakan satu elemen yang menghasilkan laba di dalam rencana
pemasaran. Faktor – faktor yang mendasari penetapan harga harus dipertimbangkan
pada saat permulaan bersama – sama dengan penyusunan strategi pemasaran.
Perusahaan harus menetapkan harga dan daftar harga sebelum diberikan potongan
serta penghargaan (allowance). Bagian pemasaran perlu mempertimbangkan 3 elemen
yang tedapat pada permintaan yakni : tingkat, saat dan sifat. Selain itui harus
mempertimbangkan faktor biaya dan persaingan dalam menetapkan harga yang
direncanakan.
5) Alokasi Anggaran Pemasaran pada
Produk
Perusahan
harus menghitung banyaknya uang yang dialokasikan pada masing – masing
produknya. Dalam menetukan produk mana yang memerlukan tambahan anggaran
pemasaran, dan produk mana yang perlu dikurangi anggarannya, perusahaan harus
mempertimbangkan beberapa faktor, antara lain :
·
Jumlah produk line
·
Banyaknya produk mix
·
Jenis produk yang mempunyai permintaan
cukup banyak baik pada saat sekarang maupun saat yang akan datang
·
Jenis prodik yang permintaannya sedikit
Tidak ada komentar:
Posting Komentar