Kamis, 03 Januari 2013

DATA BASE DAN ELEMEN DATA BASE


Pangkalan data  atau basis data (bahasa Inggris: database), atau sering pula dieja basisdata, adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut. Perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola dan memanggil kueri (query) basis data disebut sistem manajemen basis data (database management system, DBMS). Sistem basis data dipelajari dalam ilmu informasi.

Istilah "basis data" berawal dari ilmu komputer. Meskipun kemudian artinya semakin luas, memasukkan hal-hal di luar bidang elektronika, artikel ini mengenai basis data komputer. Catatan yang mirip dengan basis data sebenarnya sudah ada sebelum revolusi industri yaitu dalam bentuk buku besar, kuitansi dan kumpulan data yang berhubungan dengan bisnis.

Konsep dasar dari basis data adalah kumpulan dari catatan-catatan, atau potongan dari pengetahuan. Sebuah basis data memiliki penjelasan terstruktur dari jenis fakta yang tersimpan di dalamnya: penjelasan ini disebut skema. Skema menggambarkan obyek yang diwakili suatu basis data, dan hubungan di antara obyek tersebut. Ada banyak cara untuk mengorganisasi skema, atau memodelkan struktur basis data: ini dikenal sebagai model basis data atau model data. Model yang umum digunakan sekarang adalah model relasional, yang menurut istilah layman mewakili semua informasi dalam bentuk tabel-tabel yang saling berhubungan dimana setiap tabel terdiri dari baris dan kolom (definisi yang sebenarnya menggunakan terminologi matematika). Dalam model ini, hubungan antar tabel diwakili denga menggunakan nilai yang sama antar tabel. Model yang lain seperti model hierarkis dan model jaringan menggunakan cara yang lebih eksplisit untuk mewakili hubungan antar tabel.

Istilah basis data mengacu pada koleksi dari data-data yang saling berhubungan, dan perangkat lunaknya seharusnya mengacu sebagai sistem manajemen basis data (database management system/DBMS). Jika konteksnya sudah jelas, banyak administrator dan programer menggunakan istilah basis data untuk kedua arti tersebut.

Data Base adalah gabungan dari beberapa data yang diolah dan diorganisasikan sedemikian rupa, sehingga didapatkan suatu hubungan atau relasi antara kedua data tersebut serta dapat dipakai secar bersama oleh beberapa pengguna aplikasi.

Pengenalan Data Base
Data adalah sekumpulan dari lambang lambang yang teratur dan mewakili /merepresentasikan sebuah objek atau benda .
Informasi  adalah hasil dari pengolahan data yang kemudian akan digunakan untuk pengambilan keputusan.

Ada 2 cara yang dilakukan dalam menggunakan Dbase , yaitu:
1.      Modus langsung : Dilakukan dengan mengetikkan perintah langsung setelah munculnya dot prompt.
2.       Modus program : dilakukan dengan menuliskan rangkaian perintah dalam program.














 Elemen Dalam dBase
1 Field
Setiap record terbentuk dari bagian kecil informasi, misal: nama atau kota yang disebut: FIELD.
a. Pengisian Nama Field
Ketik kolom Field Name dengan nama yang unik. Perlu diperhatikan bahwa dalam satu file database tidak boleh ada nama field yang sama. Setelah pengetikan nama field selesai, tekan ENTER.
Ketentuan untuk memberikan nama pada field:
- Nama field harus selalu diisi,
- Lebar field sebanyak 10 karakter, boleh terdiri dari kombinasi huruf dan angka,
- Karakter pertama harus huruf,
- Pemakaian tanda baca, spasi, dan karakter tertentu lainnya tidak diperbolehkan.

b. Jenis-jenis Field
Jenis-jenis field terdiri dari:
- Character : berisikan lebih dari 254 karakter ASCII atau digit.
- Numeric : bisa berisi 1 sampai 20 angka, tanpa desimalnya.
- Float : berisikan 1 sampai 20 angka. Dipakai untuk kalkulasi.
- Date : menggunakan 8 digit yang mencakup tahun, bulan, dan tanggal.
- Logical : memerlukan 1 spasi untuk parameter True atau False.
- Memo : berisikan lebih dari 10 karakter. Digunakan untuk mengetik dokumen besar. Batasnya sesuai memori yang tersedia.

2 Record
Dalam DataBase, setiap BARIS dari buku alamat disebut RECORD.
Menambah Record Baru
Prosedur penambahan record di layar Browse atau layar edit adalah sama,
yaitu dengan prosedur berikut:
a. Aktifkan menu Record dengan menekan Alt+R,
b. Tekan A untuk menambah record baru. Posisi kursor sekarang selang 1 baris dari field terakhir.
c. Klik Record baru tersebut, jika sudah selesai akhiri dengan penekanan ENTER.

3 File
· Struktur File dan Data
Dalam pembuatan bank data, harus dibedakan dua elemen, yaitu strukturnya (buat record) dan data-datanya. Ciri-ciri setiap file dBase yaitu mempunyai keteraturan tertentu. Data-data yang dirangkum dan disimpan. Keteraturan membagi data-data pada elemen Informasi tunggal dan sama.
· Membuat File
Sebelum Anda memulai program dBase, Anda harus mengaktifkan atau membuat directory untuk tempat-tempat file Anda.
Contoh :
MKDIR C:/LATIHAN
Bila Anda tidak mengakitfkan directory untuk file-file yang akan dipakai nanti, maka Anda dapat mengguankan directory dari program yang dipanggil.
dBase bila dot prompt tampak pada layar tekan (F2 Data) untuk menuju ke control. Setelah itu buat directory standar untuk mendapatkan file tersebut.
Contoh Record File :
Field: Data
Pengarang Mark & Technik
Judul DOS 3.3 untuk PC dan PS/2
Tahun 1989
Halaman 350

4. Data Base
Kumpulan database dari suatu objek dinamakan DataBase. Objek ini bisa nyata bisa abstak. Contoh objek nyata adalah: data pemilik, data inventory, atau invoice. Sedangkan contoh objek abstrak ialah merek dagang.
DataBase melakukan pengelompokan atau organisasi data dengan tujuan pemberian indeks pada kartu, atau pemberian nomor halaman buku. Dengan demikian mempermudah pencarian informasi tertentu.
Secara singkat, DataBase dapat digunakan untuk:
- Mengelompokkan data berdasarkan jenis
- Menyimpan informasi untuk berbagai keperluan.
5.  Fungsi Round
The Round fungsi putaran kolom. Ekspresi, atau nilai desimal ke n tempat. Jika argumen kedua adalah 0 atau tidak ada, maka nilai dibulatkan ke nol desimal. Jika argumen kedua adalah 2, nilai tersebut dibulatkan menjadi dua desimal. Sebaliknya, jika argumen kedua adalah -2, nilai tersebut dibulatkan dua tempat desimal ke kiri.
The Round fungsi dapat juga digunakan fungsi tanggal anda akan melihat contoh kemudian dalam pelajaran ini.
The DUAL is a dummy table. The DUAL adalah dummy tabel.

1 komentar: